Apa Itu Mining Bitcoin? Apa Saja Perangkat Mining? dan Dimana Tingkat Kesulitan Mining Bitcoin?

Selamat Datang Di Blog Pribadi Saya AdiGunawan.ID. Blog Ini Sepenuhnya Adalah Media Belajar Untuk Pemula Bisnis Online, Serta Tempat Saya Berbagi Pengalaman Saya Dalam Berbisnis Online, Baik Itu Bisnis Investasi Seperti Bursa Saham, Trading Forex, Trading Bitcoin Dan Bisnis Online Gratis Seperti Pemasaran Affiliasi, Pengiklanan, Mining Bitcoin Gratis, Faucet Bitcoin, Dan Informasi Bisnis Online Lainnya.

Baiklah Pada Hari Ini Kita Membahas Topik Seputar Apa Itu Mining Bitcoin? Apa Saja Perangkat Mining? dan Dimana Tingkat Kesulitan Mining Bitcoin?.

Apa artikel kali ini saya akan menjelaskan Pemahaman Tentang Cara Mining Bitcoin, Jenis-jenis Perangkat Mining Bitcoin, Serta Letak Kesulitan Mining Bitcoin.

Pemahaman Tentang Mining Bitcoin, Jenis Perangkat Mining dan Tingkat Kesulitan Mining Bitcoin

Apa Itu Mining Bitcoin ?

Mining bitcoin / Menambang bitcoinPada pembahasan sebelumnya, sudah dijelaskan tentang Pemahaman Tentang Bitcoin Untuk Pemula. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar salah satu cara menghasilkkan bitcoin dengan menambang bitcoin.

Istilah “Menambang Bitcoin” atau “Mining Bitcoin” didalam Bitcoin adalah sebuah upaya untuk memecahkan blok baru bitcoin dengan memecahkan algoritma Bitcoin. Dengan cara ini, Bitcoin baru akan didapatkan dan siap ditransaksikan.
Jenis Perangkat Mining Bitcoin
Proses penambangan Bitcoin dilakukan dengan penghitungan matematik yang dilakukan pada jaringan Bitcoin. Sistem Bitcoin berjalan secara online dalam jaringan Bitcoin, sedangkan penghitungan matematik tersebut dilakukan untuk proses verifikasi transaksi bitcoin yang ada di Internet.

Dengan verifikasi tersebut, seorang penambang Bitcoin akan bisa menemukan blok baru dalam jaringan Bitcoin. Dari proses penambangan tersebut, Bitcoin baru tercipta, lambat laun, tingkat kesulitan penambangan Bitcoin akan semakin bertambah sulit.
Proses penambangan, dilakukan dengan menggunakan sebuah perangkat lunak yang sudah tersedia secara gratis dan bisa diunduh. Dengan perangkat tersebut, para penambang Bitcoin akan terhubung dengan jaringan Bitcoin.

Data dalam sistem jaringan Bitcoin mempunyai keamanan yang ketat, oleh karena itu, proses penambangan membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi untuk bisa memecahkan algoritma BItcoin.

Seiring dengan perkembangan teknologi jaman sekarang, pertambangan Bitcoin dengan menggunakan CPU Mining (Central Processing Unit) menjadi lebih sulit karena kemampuannya yang terbatas jika dibandingkan dengan perangkat penambangan Bitcoin yang ada sekarang.

Apa Saja Perangkat Mining Bitcoin ?

Jenis Perangkat Mining Bitcoin - Dalam bagian ini juga telah disinggungg penambangan Bitcoin dengan menggunakan CPU, FPGA, dan juga ASIC Miner.

Perangkat-perangkat menambang bitcoin adalah perangkat-perangkat yang bisa digunakan untuk menambang Bitcoin. Makin berkembangnya jaman, membuat para penambang bitcoin berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan penghasilan dari menambang bitcoin.
Perangkat yang digunakan untuk menambang bitcoin dan klasifikasinya

Perangkat yang digunakan untuk menambang bitcoin dan klasifikasinya

CPU Mining
Menambang Bitcoin dengan CPU cukup mudah, karena hanya membutuhkan sebuah perangkat komputer yang bisa terhubung dengan jaringan pertambangan bitcoin. Jaringan pertambangan Bitcoin ini, biasa disebut dengan mining pool.

Faktor tingkat kesulitan dalam proses mining bitcoin semakin tinggi, membuat para penambang bitcoin banyak yang meninggalkan perangkat CPU ini. Hal tersebut karena hasil Bitcoin yang didapatkan tidak sebanding dengan pengeluaran untuk biaya listrik dan koneksi internet.

GPU Mining
GPU (Graphical Processing Unit), biasa dikenal dengan kartu grafis. GPU, dapat digunakan untuk menambang Bitcoin. Jika dibandingkan dengan CPU, menambang dengan menggunakan GPU masih lebih baik ketimbang CPU.

GPU atau kartu grafis
Bagian dari sistem rendering video pada sebuah komputer. Garis besarnya, GPU, mempunyai fungsi-fungsi khusus yang tidak dilakukan oleh CPU, perbedaan inilah yang membuat mengapa GPU lebih menguntungkan untuk menambang Bitcoin ketimbang CPU.

FPGA Mining
Perangkat ini adalah sebuah hardware menambang bitcoin yang di cipatkan oleh perusahaan butterfly labs “ztex jerman”. Perangkat ini menggunakan teknologi chip dengan harga $1 – $2,5 per Mhs.

ASIC Mining
Perangkat menambang ASIC, berbasis algoritma SHA-256/GHS. Perangkat ini banyak digunakan oleh perusahaan cloud mining Bitcoin. Kemampuan menambang Bitcoinnya tentu sebanding dengan harganya yang bisa dibilang cukup mahal. Namun, menggunakan hardware ini, akan bisa mengoptimalkan hasil dalam menambang Bitcoin.

Scrypt Mining
Scryp mining ini menggunakan algoritma yang pada dasarnya lebih simpel dibandingkan dengan algoritma SHA-256. Disamping itu, rata-rata hash yang dihasilkan adalah dalam ukuran kilohashes per detik (kh/s), dan Megahashes per detik (MH/s). Harware yang dipakai untuk bisa menggunakan scrypt mining ini tidak harus dengan menggunakan ASIC atau hardware khusus lainnya.

Hanya dengan menggunakan CPU juga bisa dilakukan penambangan Scrypt mining. Scrypt mining ini lebih banyak dipergunakan di cryptocurrency baru seperti altcoins. Berkembang sekarang, tentang adanya varian baru Bitcoin yang disebut dengan Bitcoin Scrypt, yakni Bitcoin yang dihasilkan dengan pertambangan Bitcoin menggunakan Scrypt.

Bagaimana Perkembangan Perangkat Mining Bitcion ?

Pada awalnya, Penambangan Bitcoin dilakukan dengan CPU, yakni dengan perangkat harware komputer.
Perkembangan Perangkat Mining Bitcion
Penambangan dengan menggunakan perangkat CPU ini makin berat dan makin sulit, terkait makin bertambahnya tingkat kesulitan dalam memecahkan algoritma Bitcoin. Sehingga proses penambangan akan lebih mudah jika dilakukan dengan perangkat yang lebih cepat, hemat daya, dan juga lebih efisien.
Namun, hal tersebut bukan berarti menambang menambang dengan CPU tidak lagi bisa dilakukan, menambang dengan CPU masih bisa dilakukan. Semua orang juga bisa menambang sendiri dengan perangkat CPU dirumah.

Selanjutnya, perkembangan menambang Bitcoin berikutnya menggunakan GPU (Graphical Processing Unit). GPU ini biasa juga dikenal dengan kartu grafis. GPU, dapat diupayakan menambang Bitcoin. Jika dibandingkan dengan CPU, menambang dengan menggunakan GPU masih lebih baik ketimbang CPU.

Tingkat perkembangan perangkat menambang Bitcoin, berjalan seiring dengan dinamika kepopuleran Bitcoin dan perkembangan teknologi. Ketika Bitcoin menjadi populer dan makin banyak peminat, membuat perkembangan perangkat menambang lebih berkembang.

Lebih jauh, ada teknologi ASIC Mining (Application Specific Integrated Circuit), perangkat ini adalah sebuah perangkat yang sudah ditanami chip khusus didalamnya. Chip khusus tersebut, berfungsi khusus untuk menembang bitcoin. Dengan menggunakan ASIC Mining tersebut, perangkat akan jauh lebih ringkas dan teratur. Sebuah perangkat ASIC Mining ini dihargai harga yang mahal, sesuai dengan kapasitas dan spesifikasi masing-masing typenya.

Dimana Tingkat Kesulitan Mining Bitcoin ?

Tingkat Kesulitan Menambang Bitcoin - Konsep dasar dari Bitcoin pertambangan Bitcoin adalah bahwa ada potongan-potongan kecil dari setiap blok berisi data acak. Selanjutnya para penambang mengambil semua data di blok itu, mengacak, dan mengkalkulasi ulang hash.
Tingkat Kesulitan Menambang Bitcoin
Para penambang tidak akan bisa memprediksi, perlu diingat adalah, hash mudah diproduksi, tapi tidak mungkin untuk diprediksi. Jadi, penambang BItcoin tidak bisa memprediksi potongan-potongan data tersebut akan menghasilkan hash apa.
Penambang Bitcoin hanya terus mengolah data tersebut, hingga membuahkan hasil. Seringkali, seorang penambang menemukan potongan blok dari data acak yang menghasilkan hash, namun lebih kecil dari nilai tertentu berdasarkan tingkat kesulitannya. Setelah itu, penambang menyerahkan blok dan hash tersebut kedalam jaringan Bitcoin. Setelah jaringan mengkonfirmasi dan memvalidasi, penambang akan mendapatkan reward dengan sejumlah Bitcoin.

​Tingkat kesulitan, didasarkan pada sulitnya menambang sebuah blok bitcoin. Hal itu karena Blok Hash SHA256 haruslah lebih rendah atau kurang lebih sama dengan target yang akan diterima jaringan Bitcoin.

Hash pada sebuah blok harus dimulai dengan deretan angka “NOL”. Itulah mengapa tingkatan kesulitan penambangan pada blok dengan banyak deret angka Nol ini akan lebih ringan. Semakin banyak penambang, maka akan semakin banyak pula tingkat penciptaan blok Bitcoin.

Contoh deretan Hash seperti ini: 000009ff7ff1fc53b92dc18148a1d65dfc2d4b1fa3d677284addd200126d9069
Artikel terkait : Perangkat Lunak Mining Bitcoin Terbaik untuk Windows, Linux dan Mac OS

Pengertian Hash dan Blok dalam Bitcoin

Hash

Dalam istilah komputer, hash adalah hasil kompleks dari penghitungan matematika yang mudah untuk diproduksi ulang namun cukup sulit untuk mengulang, dan juga sulis untuk diprediksi. Fungsi Hash merupakan sebuah algoritma yang mengubah text atau pesan menjadi sederetan karakter acak. Karakter acak tersebut mempunyai jumlah karakter yang sama. Didalam teknik kriptografi, hash dikategorikan sebagai kriptografi tanpa key. Has juga dikenal sebagai “one way function”.

Dalam Bitcoin, kita sering mendengar tentang Secure Hash Algoritm (SHA). Algoritma SHA ini pada awalnya dikembangkan oleh National Institute and Standard Technologi (NIST) pada tahun 1993. Genarasi pertama adalah SHA-0. Selanjutnya, muncul generasi kedua adalah SHA-1. Lalu, ada algoritma SHA-2 pada tahun 2001 dengan berbagai pilihan jumlah bit yang bisa digunakan, yakni 224, 256, 384, dan 512.

Antara SHA-1 dan SHA-2 pada dasarnya memiliki algoritma yang kurang lebih serupa. Perbedaannya, adalah pada jumlah karakter outputnya saja. SHA-1, SHA-256, dan SHA-516 memiliki jumlah karakter output masing-masing secara berututan adalah 40,32,64.

Blok

Dalam Bitcoin, transaksi dalam Bitcoin terbingkai dalam sebuah potongan data besar yang disebut blok. Blok-blok ini saling terhubung bersama-sama. Dan masing-masing blok, memberikan validitas blok sebelumnya.

Sekian informasi seputar bitcoin, artikel ini didapatkan dari edukasi bitcoin, semoga ada manfaat nya untuk para pemula yang ingin menambang atau mining bitcoin dengan perangkat keras.
Artikel lainnya : 5 Cara Mendapatkan Bitcoin Dengan Cepat

Pencarian terpopuer untuk menambang bitcoin

menambang bitcoin secara otomatis
menambang bitcoin di android
cara menambang bitcoin dengan software
tambang bitcoin terbesar
cara mining bitcoin di android
mining bitcoin gratis tanpa deposit
mining bitcoin gratis 2017
cara menambang bitcoin gratis

Silahkan komentar pada kolom dibawah ini jika ada yang ingin ditanyakan tentang Apa Itu Mining Bitcoin? Apa Saja Perangkat Mining? dan Dimana Tingkat Kesulitan Mining Bitcoin?.
Untuk mendapat notifikasi setiap artikel terbaru.
Masukkan e-mail anda disini :
Selanjutnya cek e-mail anda untuk verifikasi
Mohon Tunggu..

1 Response to "Apa Itu Mining Bitcoin? Apa Saja Perangkat Mining? dan Dimana Tingkat Kesulitan Mining Bitcoin?"